Statistik Pada Penelitian Kuantitatif Korelasional

Assalamu’alaikum wr.wb. Sesuai dengan tujuan utama saya membuat blog ini yaitu memberikan pengetahuan tentang penelitian atau skripsi yang berjenis kuantitiaf korelasional, maka mulai dari kesempatan ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya setelah saya mampu menyelesaikan penelitian skripsi pada program S1 Pendidikan Teknik Informatika. Semoga dengan apa yang saya postingkan dari hari ke hari akan bermanfaat bagi Anda yang melaksanakan penelitian sejenis. Untuk itu mari kita masuk ke bahasan awal mengenai mukadimah penelitian kuantitatif korelasional.

Davin Setiya Budi Mboir Sepakbola

Pengertian penelitian deskriptif korelatif yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk melihat hubungan antara dua variabel atau lebih (Notoadmodjo, 2002:5). Dalam bahasa yang lebih mudah, penelitian ini harus memiliki sekurang-kurangnya 2 (dua) variabel, 1 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Adapun ciri-ciri dari penelitian atau skripsi kuantitatif korelasional adalah menggunakan kata kunci “hubungan”. Berikut contoh-contoh judul penelitian atau skripsi yang berjenis korelasional:

  1. Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA 1 Davin Plus.
    Keterangan:
    [*] Variabel Bebas –> Motivasi Belajar Siswa
    [*] Variabel Terikat –> Prestasi Belajar Siswa
  2. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA 1 Davin Plus.
    Keterangan:
    [*] Variabel Bebas –> Pola Asuh Orang Tua; Tingkat Ekonomi Keluarga.
    [*] Variabel Terikat –> Prestasi Belajar Siswa
  3. Hubungan antara Jumlah Outlet, Jumlah Sales, dan Intensitas Pengiklanan terhadap Tingkat Penjualan Roti Davin Plus di Malang.
    Keterangan:
    [*] Variabel Bebas –> Jumlah Outlet; Jumlah Sales; Intensitas Pengiklanan
    [*] Variabel Terikat –> Tingkat Penjualan Roti

Dari penjelasan di atas, setidaknya Anda sudah dapat membedakan jenis penelitian atau skripsi dari skema judul yang dipaparkan. Dalam kehidupan nyata disekitar Anda mungkin masih banyak lagi variabel-variabel lain yang dapat diteliti.

Namun bagi Anda yang sedang mencari-cari judul atau tema skripsi dan memiliki keinginan untuk menyusun penelitian korelasional, berikut ini adalah pendapat saya mengenai hal-hal apa saja yang harus disiapkan agar sukses menyusun penelitian jenis korelasional ini.

  • Penelitian korelasional termasuk jenis penelitian deskriptif juga, jadi selain melihat hubungan antar variabel Anda juga dapat mendeskripsikan masing-masing variabel, entah frekuensinya atau deskriptif-deskriptif yang lain. Karena itu Anda harus memiliki kajian pustaka atau daftar rujukan yang kuat (buku, literatur, jurnal, dll) pada masing-masing variabel yang Anda teliti.
  • Penelitian korelasional merupakan bagian dari penelitian kuantitatif yang banyak bergelut dengan angka. Karena itu pengetahuan statistik Anda haruslah kuat dan mencukupi.
  • Kebanyakan dari penelitian korelasional menggunakan angket sebagai instrumen untuk pengambilan data. Karena itu Anda harus menguasai tata bahasa yang baik dalam menyusun angket.
  • Banyaknya angka yang diolah dalam penelitian ini secara otomatis dibutuhkan ketelitian pada diri Anda. Hhheeeeeee jadi ingat saat dosen pembimbing saya memarahi saya --orang melakukan penelitian tu ya harus teliti to mas, makanya dinamakan penelitian--
  • Untuk mengetahui aspek legalitas dan kebenaran penelitian Anda, konsultasi dengan dosen pembimbing skripsi adalah hal wajib. Karena itu Anda harus jadi manusia yang sabar dan telaten untuk berkonsultasi dengan dosen.
  • Skripsi haruslah dikerjakan setahap demi setahap. Karena itu Anda harus rajin menyampaikan step-step perkembangan skripsi Anda kepada dosen pembimbing, entah itu progress/kemajuan ataupun kendala/hambatan dalam skripsi Anda.

Anda boleh GALAU karena CINTA tapi TIDAK BOLEH GALAU dalam menyelesaikan SKRIPSI Anda.

Semoga Anda yang sudah membaca postingan ini dapat diberi kemudahan dalam melaksanakan penelitian entah itu skripsi, tesis, atau disertasi. Amin. Wassalamu’alaikum wr.wb.

 

Daftar Rujukan

Notoatmodjo, Soekidjo. 2002. Metodologi Penelitian Kebidanan. Cetakan III,
Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

4 komentar:

myhafiezers mengatakan...

follback y

Asis Sugianto mengatakan...

artikel yang sangat menarik untuk dibaca sobat...

NF mengatakan...

setuju sama quotenya, semakin cepet nyusun skripsi semakin cepet lulusnya

EYSurbakti mengatakan...

kebetulan ane baru lulus skripsi (D3 karya ilmiah)
metode penelitiannya deskripsi kualitatif
maksih nih inponya nambah pengetahuan

Statistik Pada Penelitian Kuantitatif Korelasional - Davin Plus Uye