Cara Uji Validasi Instrumen Angket

Validitas instrumen dapat diartikan bahwa instrumen tersebut dapat memberikan suatu nilai yang sesungguhnya dari masalah yang hendak di kaji. Validitas instrumen yang akan diukur dalam penelitian terdiri dari 2 (dua) macam validasi yaitu validasi isi dan validasi konstruksi.

Validitas isi adalah isi atau bahan yang diuji atau dites relevan dengan kemampuan, pengetahuan, pengalaman, dan atau latar belakang responden. Uji validitas isi dilakukan dengan meminta pertimbangan dari tenaga ahli sesuai dengan materi yang ada pada instrumen penelitian Anda. Biasanya, validasi isi dikonsultasikan dengan dosen pembimbing serta tambahan salah satu dosen lagi yang berkompeten dibidang tersebut.

Validitas konstruksi menekankan pada penyusunan butir-butir instrumen secara keseluruhan berdasarkan kejelasan definisi operasional yang terinci unsur-unsurnya dari variabel yang diteliti. Menurut Sugiyono (2007:124), pengujian validitas tiap butir digunakan analisis item, yaitu mengkorelasikan skor tiap butir dengan skor total yang merupakan jumlah skor tiap butir. Adapun cara melakukan validasi konstruksi dapat dilakukan dengan 2 (dua) macam cara, yang manual menggunakan Microsoft Office Excel, dan yang praktis menggunakan software statistik (pada bahasan ini menggunakan software IBM SPSS). Berikut langkah-langkahnya.

a. Validasi Konstruksi Instrumen Menggunakan Excel

Berikut ini saya lampirkan contoh file Microsoft Excel saya yang digunakan untuk melakukan validasi angket ---> Download Contoh Validasi Instrumen dengan Ms. Excel dan Tabel R Korelasi.

Sebelum Anda memodifikasi contoh validasi instrumen via Excel tersebut, Anda harus memahami rumus-rumus yang ada didalamnya. Ubah dan sesuaikan data pada file tersebut dengan kebutuhan data yang Anda teliti,

b. Validasi Konstruksi Instrumen Menggunakan Excel

Berikut ini saya lampirkan contoh file IBM SPSS saya yang digunakan untuk melakukan validasi angket ---> Download Contoh Validasi Instrumen dengan IBM SPSS.

Adapun cara penggunaannya pada IBM SPSS adalah masukkan data terlebih dahulu, lalu klik menu Analyze – Correlate – Bivariate

Uji Validasi 1 - Davin Plus

Lalu Anda akan menemui kotak box pengaturan yang baru dan yang Anda harus lakukan adalah memindah SEMUA variabel dari kotak sebelah kiri ke kotak sebelah kanan, dan jadinya seperti gambar berikut.

Uji Validasi 2 - Davin Plus

Tekan OK dan tunggu hasilnya… Contoh hasil dari output SPSS pada uji validasi adalah seperti file berikut ini yang dapat Anda download ---> Output Validasi SPSS.

 

Daftar Rujukan:

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung, Alfabeta.

0 komentar:

Cara Uji Validasi Instrumen Angket - Davin Plus Uye